Pengelolaan pendidikan termasuk di PAUD, dalam kondisi Pandemi telah mendorong percepatan penggunaan teknologi dalam pembelajaran, terutama kepada pembelajaran secara daring. Kondisi ini juga mempengaruhi pola interaksi dan komunikasi antara guru dan orangtua, di mana bentuk komunikasi yang terjalin lebih banyak didominasi dalam bentuk teks atau tulisan meskipun tidak dapat menggantikan instruksi tatap muka secara utuh. Oleh karena hal tersebut, mau tidak mau guru / pendidik harus membuat perencanaan kegiatan via online dengan bahasa yang efektif dan efisien.
Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah (MPLS) untuk tahun pelajaran 2020/2021 sangat berbeda suasananya dengan tahun sebelumnya, yaitu melalui daring atau belajar dari rumah. Untuk itu kami membuat Rencana Kegiatan ini yang mungkin bisa dijadikan Panduan untuk para pendidik sekalian.
Berikut ini merupakan contoh kegiatan yang dapat dilakukan sebagai materi MPLS online yang kami dapat dari berbagai sumber.
1. Guru membuat video daring memperkenalkan diri dan pengurus sekolah dan lingkungan sekolah
2. Guru memakai nametag dan memperkenalkan nametag-nya agar anak mengenal tulisan/huruf pada nama guru
3. Melalui video guru mengenalkan lingkungan dan sarana bermain yg ada di sekolah
4. Bagi yang tidak bisa membuat video, buatlah grup WA wali murid untuk menge-share tujuan daring dan berbagi materi
5. Anak-anak juga memakai nametag
6. Rencanakan media yang digunakan yang ada di sekitar anak
7. Mengajak anak bernyanyi dan bertepuk bersama
8. Mengajak kenalan, anak-anak menyebutkan namanya
9. Membuat video media pembelajaran yang ada di sekolah
10. Guru membuat video Ice Breaking yang bisa dicontoh dan diikuti lagunya oleh anak didik baru
11. Guru mengajak menyanyi, bertepuk bersama
12. Mengajak anak-anak menyebutkan nama dan hurufnya
13.Mengajak anak untuk mengenalkan alat permainan dalam ruang kelas dan alat permainan luar kelas
14. Guru memberikan penjelasan kenapa kita belajar di rumah dalam waktu yang cukup lama (termasuk pada penjelasan Pandemi)
15. Guru menjelaskan tentang pentingnya peran orang tua dalam mendampingi putra putrinya selama belajar di rumah (Senangnya belajar dengan Bunda di rumah)
16. Anak-anak membuat video memperkenalkan dirinya sendiri (nama, jenis kelamin secara sederhana)
17.Guru membacakan tata tertib sekolah atau tata tertib pembelajaran secara daring dengan bahasa sederhana yang bisa dipahami oleh anak.
18. Ruang belajar anak, mainan dalam kelas dan di luar difoto dan kirim ke ortu
19. Pengenalan alat tulis / keperluan sekolah misalnya : tas, pensil, buku, tempat bekal, dll
20. Anak juga membuat video untuk menunjukkan ruang belajarnya di rumah dan orang yang mendampinginya belajar di rumah
21.Meperkenalkan peralatan tulis atau kelas dan hurufnya
22. Memperkenalkan nama orang tua (keluarga)
23. Membuat bingkai foto tentang keluarga (keluarga inti / keluarga besar)
24. Anak-anak memperkenalkan lingkungan yang ada di rumahnya
25. Guru memperkenalkan nama teman-temannya dalam 1 kelompok
26. Kirim foto-foto guru dengan senyum manis
27. Memperkenalkan jadwal pemakaian seragam sekolah
28. Mengucapkan ikrar sekolah atau janji siswa
29. Anak memakai nametag juga dan memperkenalkan nametag-nya
30. Guru menginformasikan mengenai sekolah seperti kelas, kantor, tempat bermain, toilet, tempat cuci tangan, dll melalui video .
31. Mengenalkan peraturan kelas / sekolah kepada anak-anak dan walimurid serta disepakati aturan yg sudah disusun.
32. Mengucapkan salam atau membiasakan untuk membalas salam ketika ditanya, melatih keberanian anak dan percaya diri
32. Mengajarkan pembiasaan berdoa sebelum dan sesudah kegiatan
40. Toilet Training
Silahkan diteruskan bagi yang ingin berbagi sebagai bahan kita nanti begitu awal masuk sekolah.
Tetap semangat dan selalu ceria 😁
0 Comments